Thursday, January 18, 2018

Google rilis tampilan Search Console Baru versi Beta Reviewed by Bernard Agapa Date 1/18/2018 Rating: 3

Google rilis tampilan Search Console Baru versi Beta

Google telah merilis search console dengan tampilan baru versi beta dengan dua fitur utama. 
Sehari yang lalu saya mendapat pemberitahuan dari google untuk mencoba search konsole dengan tampilan yang baru. Walaupun saya memiliki 2 (dua) blog, hanya paschall-ab.blogspot.com (versi TDL deraplangkah.com) yang bisa mengakses tampilan baru web konsol dari google ini. Jadi kesimpulannya hanya yang diundang yang bisa melihat tampilan baru ini, mungkin juga karena usia blog. Saya mengelola Paschallist Blog sejak tahun 2009 silam walaupun tidak terlalu aktif. 

Pemberitahuan dari google untuk paschall-ab.blogspot.com


Google Search Console merupakan layanan web gtatis oleh Google untuk para pengembang web atau pemilik situs. Layanan web konsol ini sebelumnya bernama Google Webmaster Tool, namun sejak Mei 2015 silam oleh Google diubah dengan nama Google Seacrh Console.

Menurut saya layanan ini sangat berguna karena kita dapat memantau perkembangan isi situs di kita di indeks penelusuran, struktur standar html dan analisa pengunjung konten maupun kata kunci teratas di situs. Tak hanya itu, kelebihan dari layanan ini cukup banyak karena seperti kita ketahui bahwa google adalah raja mesin pencari dari kompetitor lainnya.

Sebenarnya saya bukan ingin mencoba kekurangan dan kelebihan, tetapi lebih banyak terkait kegunaan dari layanan ini. Karena bagus belum tentu berguna, kurang juga belum tentu buruk, sok puitis yak. 

Oh iya,  kembali lagi ke percobaan Google Search Console versi beta yang saya sempat coba walaupun tidak banyak. Secara umum tampilan versi beta ini lebih kepada peta situs dan analisis status situs di google, status tersebut adalah dari kinerja dan cakupan indeks.

Fitur kinerja lebih kepada analisa pengunjung dari pencarian kata kunci dengan fokus klik, tayangan, rata dan urutan posisi kata kunci. Fitur kinerja ini di konsol percarian lama mungkin ini penggabungan beberapa fitur seperti tampilan penelusuran dan lalu lintas penelusuran. Jadi menurut saya fitur yang baru ini cukup interaktif karena secara jelas menampilkan capaian indeks situs kita.
Berikut ini tampilannya.


 Status kinerja situs di search console versi beta.
 Status kinerja situs di search console versi beta.


Nah, itu dia tampilannya bagaimana adakah blogger yang sempat mencobanya? Silahkan berbagi.

Berikutnya ada fitur status indeks penelusuran, setelah saya mencoba bisa dikatakan interaktif karena bisa melihat halaman yang terindeks dari valid hingga kesalahan maupun yang dikecualikan oleh Google. Nah, sobat blogger bisa mencobanya nanti jika sudah resmi diluncurkan oleh Google.

status indeks penelusuran
status indeks penelusuran

Jadi kesimpulan dari percobaan ini, sekalipun hanya dengan dua menu fitur tetapi cukup mencakup semuanya dan mungkin akan ditambah lagi karena fitur yang akan datang masih dirujuk ke tampilan yang lama.

1 comments so far

Kerennn...cepat banget update artikelnya...
Salam :)


EmoticonEmoticon